Profil LPPMP – LPPMP

Profil LPPMP

Sejarah

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Univesitas Riau Pasal 78 s.d Pasal 98. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan pendidikan tinggi Universitas Riau.

Universitas Riau dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan/memuaskan stakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. Sehingga, Universitas Riau harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu.

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau mempunyai tugas untuk melakukan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan peningkatan dan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan Universitas Riau.

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau mempunyai fungsi;

  1. Penyusunan rencana, program, dan anggaran lembaga
  2. Pelaksanaan peningkatan dan pengembangan pembelajaran
  3. Pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan
  4. Koordinasi pelaksanaan kegiatan peningkatan pembelajaran, pengembangan, dan penjaminan mutu pendidikan.
  5. Pemantauan dan evaluasi peningkatan pembelajaran, pengembangan pembelajaran, dan penjaminan mutu pendidikan, dan
  6. Melaksanakan urusan administrasi lembaga